5 Fakta Menarik Tentang Bumi


5 Fakta Menarik Tentang Bumi, groundpedia


5 Fakta Menarik Tentang Bumi - Planet bumi. Bahwa marmer biru mengkilap yang telah terpesona umat manusia sejak mereka pertama kali mulai berjalan di permukaannya. Dan mengapa tidak harus itu mempesona kami? Selain menjadi rumah kami dan tempat di mana kehidupan seperti yang kita tahu itu berasal, itu tetap satu-satunya planet yang kita tahu dari mana kehidupan tumbuh subur.

Dan selama beberapa abad terakhir, kami telah belajar banyak tentang Bumi, yang hanya diperdalam kekaguman kita dengan itu.

Tapi berapa rata-rata orang benar-benar tahu tentang planet bumi? Anda sudah tinggal di Planet Bumi semua hidup Anda, tapi berapa banyak yang Anda benar-benar tahu tentang tanah di bawah kaki Anda? Anda mungkin memiliki banyak fakta menarik berputar-putar di otak Anda, tapi di sini ada 10 fakta lebih menarik tentang Earth yang mungkin, atau mungkin tidak tahu.


1. Lempeng Tektonik Biarkan Planet nyaman

Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya dengan lempeng tektonik. Pada dasarnya, kerak luar bumi dipecah menjadi wilayah yang dikenal sebagai lempeng tektonik. Ini mengambang di atas interior magma Bumi dan dapat bergerak melawan satu sama lain. Ketika dua lempeng bertabrakan, satu piring akan merampas (pergi di bawah yang lain), dan di mana mereka menarik terpisah, mereka akan memungkinkan kerak segar untuk membentuk.

5 Fakta Menarik Tentang Bumi, groundpedia


Proses ini sangat penting, dan untuk sejumlah alasan. Tidak hanya menyebabkan resurfacing tektonik dan aktivitas geologi (yaitu gempa bumi, letusan gunung berapi, gunung-bangunan, dan pembentukan palung), juga intrinsik untuk siklus karbon. Ketika tanaman mikroskopis di laut mati, mereka jatuh ke dasar laut.

Selama jangka waktu yang lama, sisa-sisa kehidupan ini, kaya karbon, dilakukan kembali ke pedalaman bumi dan didaur ulang. Ini menarik karbon dari atmosfer, yang memastikan kita tidak menderita efek rumah kaca, yang adalah apa yang terjadi pada Venus. Tanpa aksi lempeng tektonik, tidak akan ada cara untuk mendaur ulang karbon ini, dan Bumi akan menjadi terlalu panas, neraka tempat.

2. 70% dari permukaan bumi adalah Air:

Ketika astronot pertama kali pergi ke luar angkasa, mereka kembali menatap bumi dengan mata manusia untuk pertama kalinya. Berdasarkan pengamatan mereka, Bumi mengakuisisi julukan "Blue Planet :. Dan itu tidak mengherankan, melihat bagaimana 70% dari planet kita ditutupi dengan lautan. Sisanya 30% adalah kerak padat yang terletak di atas permukaan laut, maka mengapa hal itu disebut "kerak benua".

Jangan lupa baca artikel sebelumnya 5 Fakta Aneh Tentang Hujan

3. Bumi adalah Sebagian Besi, Oksigen dan Silicon:

Jika Anda bisa memisahkan Bumi keluar ke tumpukan material, Anda akan mendapatkan 32,1% besi, 30,1% oksigen, 15,1% silikon, dan 13,9% magnesium. Tentu saja, sebagian besar besi ini sebenarnya terletak pada inti bumi. Jika Anda benar-benar bisa turun dan sampel inti, itu akan menjadi 88% besi. Dan jika Anda mencicipi kerak bumi, Anda akan menemukan bahwa 47% dari itu adalah oksigen.

4. Bumi tidak mengambil waktu 24 jam untuk berputar pada porosnya:

Ini benar-benar membutuhkan 23 jam, 56 menit dan 4 detik untuk Bumi berputar sekali sepenuhnya pada porosnya, yang astronom sebut sebagai Hari sideris. Sekarang tunggu sebentar, tidak berarti bahwa satu hari adalah 4 menit lebih pendek daripada yang kita pikir itu? Anda akan berpikir bahwa kali ini akan menambah, hari demi hari, dan dalam beberapa bulan, hari akan malam, dan malam akan menjadi hari.

Tapi ingat bahwa Bumi mengorbit di sekitar Matahari Setiap hari, bergerak Sun dibandingkan dengan bintang-bintang latar belakang sekitar 1 ° - tentang ukuran Bulan di langit. Dan, jika Anda menambahkan bahwa sedikit gerakan dari Matahari yang kita lihat karena Bumi mengorbit di sekitarnya, serta rotasi pada porosnya, Anda mendapatkan total 24 jam.

Ini adalah apa yang dikenal sebagai Hari Matahari, yang - bertentangan dengan Hari sideris - adalah jumlah waktu yang dibutuhkan Matahari untuk kembali ke tempat yang sama di langit. Mengetahui perbedaan antara keduanya adalah untuk mengetahui perbedaan antara berapa lama bintang-bintang muncul di tempat yang sama di langit, dan dibutuhkan untuk matahari terbit dan set sekali.

5. Bumi Cair Besi Inti Membuat Medan Magnet:

Bumi adalah seperti magnet besar besar, dengan kutub di bagian atas dan bawah dekat kutub geografis yang sebenarnya. Medan magnet itu menciptakan meluas ribuan kilometer keluar dari permukaan bumi - membentuk wilayah yang disebut "magnetosfer". Para ilmuwan berpikir bahwa medan magnet ini dihasilkan oleh inti luar cair dari Bumi, di mana panas menciptakan gerakan konveksi melakukan bahan untuk menghasilkan arus listrik.

Bersyukurlah untuk magnetosfer. Tanpa itu, partikel dari angin surya Matahari akan menabrak bumi secara langsung, memperlihatkan permukaan planet untuk sejumlah besar radiasi. Sebaliknya, saluran magnetosfer angin matahari mengelilingi bumi, melindungi kita dari bahaya. Para ilmuwan juga telah berteori bahwa atmosfer tipis Mars 'adalah karena itu memiliki magnetosfer lemah dibandingkan dengan Bumi, yang memungkinkan angin matahari perlahan strip itu pergi.


1 comment:

Powered by Blogger.