5 Fakta Project Tango Google , GPS Tanpa Internet

Project Tango Google

5 Fakta Project Tango Google , GPS Tanpa Internet - Project Tango Google pertama kali diperkenalkan Google pada 5 Juni 2014 atau sekitar 2 tahun yang lalu. Akan tetapi, adopsinya pada Gadget / Smartphone komersial baru dimulai sejak Juni 2016 lalu.

Lenovo Phab Pro 2 adalah Gadget / Smartphone komersial pertama yang bekerja sama dengan mengadopsi platform ini. Dan pada tahun ini, di 2017 yang akan menyusul adalah seri Zenfone AR yang sekaligus menjadi Smartphone komersial kedua yang di support Project Tango Google.

Terlepas dari Smartphone yang mengadopsi Project Tango Google, platform besutan dari Google ii sendiri bisa di definisikan sebagai komputasi AR ( Augmented Reality ). Project Tango Google pun meggunakan teknologi computer vision unuk memungkinkan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet untuk mendeteksi posisisinya dan lingkungan sekitar tanpa adanya GPS.

Baca Juga :

Adapun 5 Fakta Project Tango Google

1. Augmented Reality yang lebih Nyata

Augmented Reality

Project Tango Google ini umumnya terjadi di Augmented Reality. Akan tetapi ada yang berbeda dari Augmented Reality Generasi awal, Project Tango tak membutuhkan marker. Itulah kenapa objek virtual yang ditampilkan pada layar smartphone yang mengadopsi platform ini bisa muncul dimana saja sesuai dengan desain sang pengembang aplikasi.

2. Dapat Berjalan Secara Standalone

5 Fakta Project Tango Google

Berbeda dengan Hololens yang menggunakan headset Augmented Reality sebagai interface penghubung antara dunia digital dan dunia nyata, Project Tango Google bisa diterapkan langsung ke perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet. Dengan demikian, objek Augmented Reality yang diproses oleh perangkat akan langsung ditampilkan melalui layar smartphone ataupun tablet.

3. Project Tango Memungkinkan Perangkat Mobile Melihat Lingkungan Sekitarnya

5 Fakta Project Tango Google , GPS Tanpa Internet

Project Tango Google menggunakan teknologi computer vision untuk mengenali lingkungan sekitarnya dan menangkap object 3 dimensi secara real time atau dengan kata lain memungkinkan perangkat mobile untuk melakukan mapping dengan memanfaatkan kamera yang tersemat di dalamnya. Hal ini membuat perangkat komputer, termasuk smartphone dan tablet untuk melihat layaknya manusia.

4. Bukan Sekedar Augmented Reality namun juga Interface Masa Depan

5 Fakta Project Tango Google , GPS Tanpa Internet

Penerapan Project Tango Google ini sangat luas sesuai dengan kreativitas pengembang aplikasinya. Tak hanya sekedar menampilkan objek virtual dan menyatukannya dengan dunia nyata, Project Tango juga memungkinkan pengembang untuk membuat interface yang lebih natural dan realistis. Dengan demikian, pengguna juga bisa berinteraksi dengan objek virtual dalam Augmented Reality tersebut.

5. Dapat Diterapkan dalam Game dan Berbagai Jenis Aplikasi

5 Fakta Project Tango Google , GPS Tanpa Internet

Game memang menjadi media populer untuk memperkenalkan sekaligus mempopulerkan Augmented Reality, termasuk Project Tango. Akan tetapi penerapan Project Tango Google sendiri sebenarnya tak berhenti pada game saja. Platform ini juga dapat diadopsi pada aplikasi yang memang membutuhkan teknologi mapping. Salah satu contoh menarik penerapan Project Tango pada aplikasi ada pada Tango Car Visualizer.

Nah itulah Fakta Fakta tentang Project Tango Google yang ada. Simak artikel lainnya juga ya

No comments

Powered by Blogger.