USB 2.0 atau USB 3.0 Mana yang Lebih Cepat ?

USB 2.0 atau USB 3.0 Mana yang Lebih Cepat ?

USB 2.0 atau USB 3.0 Mana yang Lebih Cepat ? - Perkembangan Kabel data untuk transfer yakni USB sudah banyak versinya, Dimulai dari dahulu USB 1.0 , kemudian USB 2.0 yang masih sering di pakai di Laptop era sekarang ataupun yang menggunakan USB 3.0 agar semakin lebih cepat.

Bahkan dikabarkan bahwa sudah ada yang namanya USB 4.0 loh sob, kebayang tidak secepat apa jika USB 3.0 saja sudah cukup cepat apalagi USB 4.0. Yuk simak mengenai cepatan mana antara USB 2.0 dan USB 3.0 di artikel GP ini .

Baca Juga :


USB 3.0 10x Lebih Cepat

USB 2.0 atau USB 3.0 Mana yang Lebih Cepat ?

Dalam kenyataannya dilansir dari Compare yang ada di Diffen bahwa USB 2.0 hanya memiliki speed upto 480Mbps ( Megabits per second ) sementara USB 3.0 yang memiliki Speed 10x lebih cepat dari USB 2.0 ini bisa mencakup speed upto 4.8 Gbps ( Gigabits per second ).

Berdasarkan data statistik diatas sudah bisa dipastikan bahwa kapasitas USB 3.0 ini dapat menampung speed transfer data yang begitu cepat, bahkan 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0. Tetapi pasti kalian pernah menggunakan USB 3.0 dan tidak merasakan kecepatan yang sama dengan USB 2.0 bukan ? Tentu hal itu akan berpikir kita hoax tapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita bisa melakukan transfer rate dengan cepat, yakni panjang pendeknya kabel mempengaruhi, dan USB yang kalian colok di 3.0 ini sudah support USB 3.0 belum.

Untuk kalian yang masih bingung bagaimana cara mengecek USB kalian ini versi 2.0 atau 3.0 cukup lihat saja warna yang ada di lubang USB berwarna hitam atau biru. Jika Hitam itu berarti USB kalian masih versi 2.0 dengan transfer rate upto 480Mbps saja, tetapi jika berwarna Biru sudah dipastikan bahwa itu adalah USB 3.0 dengan transfer rate yakni upto 4.8 Gbps .

Jadi , dapat disimpulkan dalam artikel ini bahwa USB 3.0 lah yang lebih unggu dalam hal kecepatan dibanding USB 2.0 sobat GP.

No comments

Powered by Blogger.